PROFIL PEMBELAJARAN BAHASA
Dosen Pengampu:
M. Bayu Firmansyah S.S, M.Pd.
Disusun oleh:
Puji Ayu S (16188201043)
STKIP PGRI PASURUAN
Jl. Ki Hajar Dewantara No.27-29 Pasuruan
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Tahun Akademik 2018/2019
Profil Pembelajaran Bahasa
Menurutteori Piaget proses kematangan merupakan kontinuitas
berdasar oertumbuhan sebelumnya. Walaupun tahap-tahap tersebut dibatasi dalam
suatu priode, semuanya bisa tumpang tindih dan sekali-kali tidak persis atau
terikat oleh usia tertentu. Dalam hal ini, telah muncul kontroversi, apakah
tahap-tahap perkembangan kognitif itu dapat dipercepat melalui penciptaan
pengalaman yang sesuai. Terdapat bukti yang mendukung pendapat bahwa
latihan-latihan yang terprogram tidak dapat menggantikan pengalaman yang amat
banyak yang terjadi sehubungan dengan usia kematangan.
Teori Piaget sesuai dengan tugas pengajar dalam memahami
bagaimana peserta didik mengalami perkemmbangan intelek dan menetapkan kegiatan
kognitif yang harus ditampilkan pada tahap-tahap fungsi intelektual yang
berbeda. Pemahaman ini akan lebih membantu guru dalam melaksanakan tugasnya
sebagai pendidik formal, yaitu pendidik yang membina peserta didik dalam
koncisi teranscam disertai dengan penetapan kualitas hasilnya (evaluasi) antara
lain melalui tes. Banyak hal yang menetukan kualitas hasil belajar peserta
didik yang secara dikotomi diklasifikasikan atas faktor endogen dan eksogen. Dari
dua unsur tersebut lahir salah satu hal yang amat dikenal dalam hal belajar,
yaitu kesiapan (readiness), yaitu kemampuan untuk berkomunikasi dalam
melaksanakan tugas tertentu sesiai dengan tuntutan situasi yang dihadapi. Sedikitnya,
terdapat tiga unsur yang mempengaruhi kesiapan, yaitu:
- Kesiapan fisik, antara lain urat-urat saraf dan otot
- Kejiwaan, antara lain bebas dari konflik emosional
- Pengalaman, berhubungan dengan keterampilan-keterampilan yang dipelajari sebelumnya
Komentar
Posting Komentar