Langsung ke konten utama

Pemilihan, Seleksi Bahan, dan Materi Pembelajaran

PEMILIHAN, SELEKSI BAHAN, DAN MATERI PEMBELAJARAN


Dosen Pengampu:
M. Bayu Firmansyah S.S, M.Pd. 

Disusun oleh:
Puji Ayu S            (16188201043)

STKIP PGRI PASURUAN
Jl. Ki Hajar Dewantara No.27-29 Pasuruan
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Tahun Akademik 2018/2019


Pemilihan, Seleksi Bahan, dan Materi Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran merupakan kegiatan memberikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan pengajaran yang ditetapkan, baik kawasan belajar kognitif, efektif maupun psikomotor. Baik pengajar maupun dosen perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan merencanakan kegiatan pembelajaran, atau yang sering kita sebut seni memberikan pengalaman belajar. Kegiatan pembelajaran ini dapat memunculkan berbagai macam pola, baik berdasarkan jumlah peserta didik maupun interaksi peserta didik dan antara pengajar.
Pemilihan pola kegiatan pembelajaran perlu dilakukan agar tujuan pengajaran baik umum maupun khusus dapat tercapai, baik landasan kognitif, psikomotor maupun afektifnya. Tujuan yang hendak dicapai berupa bentuk-bentuk tingkah laku yang diinginkan peserta didik setelah terjadinya PBM. Bahkan pelajaran dapat mengantarkan peserta didik dalam pencapaian tujuan. Bagaimana PBM yang dilaksanakan agar pengajar dan peserta didik mencapai tujuan secara efektif, dan bagaimana menciptakan evaluasi yang tepat. Dapat dibayangnkan, dengan sebuah perencanaan yang matang KBM dan PBM akan terlaksana dengan bauj, perencanaan, persiapan sebelum mengajar akan memantapkan pengajar ketika tampil di depan kelas, perencanaan yang matang juga dapat menimbulkan banyak inisiatif dan daya kreatif pengajar waktu mengajar, dapat pula meingkatkan interaksi pembelajaran antara pengajar dan peserta didik. Oleh karena itu, perencanaan seluruh proses pembelajaran harus dikuasai seorang pemebelajar.
Mengajar bukanlah tugas yang ringan. Dalam mengajar seorang pengajar berhadapan dengan sekelompok peserta didik yang merupakan mahluk hidup yang emerlukan bimbingan dan pembinaan untuk kedewasaan. Setelah mengalami proses pendidikan dan pengajaran, peserta didik diharapkan menjadi manusia dewasa yang bertanggungjawab berkepribadian, dan bermiral.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS WACANA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA

ANALISIS WACANA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA Dosen Pengampu: M. Bayu Firmansyah, M.Pd Disusun oleh: Puji Ayu Sukmaningtyas (16188201043) STKIP PGRI PASURUAN Jl. Ki Hajar Dewantara No.27-29 Pasuruan Tahun Akademik 2017/2018 Kata pengantar             Puji dan syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga penulis dapat menyeles aikan makalah yang berjudul ” ANALISIS WACANA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA “ Dalam pembuatan makalah ini mulai dari perancangan, pencarian bahan, sampai penulisan, penulis mendapat bantuan, saran, petunjuk, dan bimbingan dari banyak pihak baik secara langsung   maupun tidak langsung. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terimakasih   dan kepada teman-teman yang ikut berpartisipasi dalam menyelesaikan makalah ini. Penulis menyadari bahwa makalah ini memiliki banyak kekurangan dan jauh dari ...

Pendekatan Linguistik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

“ PENDEKATAN LINGUISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA ” Dosen pembimbing : M. Bayu Firmansyah, M.Pd Disusun Oleh : Nama : Puji Ayu Sukmaningtyas NIM : 16188201043 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI PASURUAN Jl. Ki Hajar Dewantara No. 27-29 Pasuruan 2016-2017 A. Pendekatan Linguistik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia    Pembelajaran bahasa Indonesia diberikan di sekolah dengan tujuan agar peserta didik dapat berbahasa Indonesia, baik secara lisan maupun tulisan. Kemampuan berbahasa ini penting bagi peserta didik untuk mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran di sekolah, karena bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa pengantar untuk seluruh kegiatan belajar mengajar di sekolah hingga perguruan tinggi. Peserta didik yang tidak menguasai bahasa Indonesia akan mengalami kesulitan dalam mengikuti proses belajar mengajar di kelas. Oleh karena itulah ilmu linguitik dipe...

Berbahasa Secara Komunikatif dan Santun

BERBAHASA SECARA KOMUNIKATIF DAN SANTUN Dosen Pengampu: M. Bayu Firmansyah, M.Pd Disusun oleh: Puji Ayu Sukmaningtyas (16188201043) STKIP PGRI PASURUAN Jl. Ki Hajar Dewantara No.27-29 Pasuruan Tahun Akademik 2017/2018 Kata pengantar             Puji dan syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga penulis dapat menyeles aikan makalah yang berjudul ” BERBAHASA SECARA KOMUNIKATIF DAN SANTUN “ Dalam pembuatan makalah ini mulai dari perancangan, pencarian bahan, sampai penulisan, penulis mendapat bantuan, saran, petunjuk, dan bimbingan dari banyak pihak baik secara langsung   maupun tidak langsung. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terimakasih   dan kepada teman-teman yang ikut berpartisipasi dalam menyelesaikan makalah ini. Penulis menyadari bahwa makalah ini memiliki banyak kekurangan dan jauh dari kesem...