EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA
Dosen Pengampu:
M. Bayu Firmansyah S.S, M.Pd.
Disusun oleh:
Puji Ayu S (16188201043)
STKIP PGRI PASURUAN
Jl. Ki Hajar Dewantara No.27-29 Pasuruan
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Tahun Akademik 2018/2019
Evaluasi Pembelajaran Bahasa
Secaraumu dapat dikemukakan bahwa testing bahasa (Language
tasting) secara garis besar dibagi atas empat kelompok, yaitu: 1) proficiency;
2) placement; 3) diagnosis dan 4) achievment. Sedangkan cara
untuk merubah skor mentah menjadi skor standar, yaitu dengan Criterion-referenced
test dan Norm- referenced test.
Hal lain yang penting dilakukan adalah pengujian validitas
tes, reabilitas tes, dan uji signifikansinya. Rangkaian pengujian alat evaluasi
ini bermakna diterima tau tidaknya sebuah instrumen pengujian. Banyak diantara
pengajar bahasa yang menganggap pengujian bahwa tes bahasa tidak memerlukan
tahap pengujian yang sering pandang rumit. Hal tersebut amat disayangkan apabila
dikaitkan dnegan manfaat dari sistem pengujian tersebt.
Paparan umum evaluasi diatas tentu saja berlaku untuk tes
bahawa, termasuk didalamnya tes bahasa Indonesia. Dalam pengujian instrumen
evaluasi pengajaran bahasa Indonesia setidaknya uji empirik diatas bisa
dilakukan secara sederhana namun tetap emenuhi kriteria alat evaluasi yang
dipertanggungjawabakan.
Komentar
Posting Komentar