Langsung ke konten utama

Penerapan Pemilihan, Selesi Bahan, dan Materi Pembelajaran

PEMILIHAN, SELEKS BAHAN, DAN MATERI PEMBELAJARAN


Dosen Pengampu:
M. Bayu Firmansyah S.S, M.Pd. 



Disusun oleh:
Kurnia Ita L            (16188201035)
Puji Ayu S               (16188201043)
Ina Izatur R             (16188201052)

STKIP PGRI PASURUAN
Jl. Ki Hajar Dewantara No.27-29 Pasuruan
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Tahun Akademik 2018/2019


PEMILIHAN, SELEKSI BAHAN, DAN MATERI PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan     : SMA
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester         : XII / 2
Kopetensi Dasar          : Menganalisis Kebahasaan Artikel dan/atau Buku Ilmiah


  • Tujuan
    • Kognitif
Tujuan kognitif adalah untuk menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah
    • Afektif
Tujuan afektif termasuk dalam pemberian respon terhadap materi menganalisis kebahasaan artikel serta buku ilmiah, yakni meliputi, penelimaan, pemberian respon, penilaian, pembentukan konsep mengenai cara menganalisis kebahasaan artikel serta buku ilmiah.
    • Psikomotor
Tujuan psikomotor dalam pembelajaran menganalisis kebahasan artikel dan buku ilmiah meliputi respon terbimbing terhadap materi yakni pemahaman terhadap unsur kebahasaan artikel serta buku ilmiah, pemahaman terhadap cara menganalisis artikel serta buku ilmiah, dan nantinya dapat mengonstruksi artikel dan/atau buku ilmiah.

  • Perencanaan Alat dan media pengajaran
    • Alat pengajaran
Ø  Spidol, papan tulis
Ø  Laptop dan infocus
    • Media pengajaran
Ø  Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø  Lembar penilaian
Ø  Microsoft power point
Ø  Teks artikel dan cuplikan buku ilmiah

  • Perencanaan evaluasi pengajaran
Evaluasi pengajaran berupa tes performance yakni tugas proyek yang harus diselesaikan siswa

  • Penyusunan satuan pelajaran
    • Tujuan pelajaran
Setelah melakukan proses pembelajaran siswa diharapkan dapat :
1)      Siswa dapat memahami unsur kebahsan dalam artikel dan buku ilmiah
2)      Siswa dapat menganalisis unsur kebahsan dalam artikel dan buku ilmiah
3)      Siswa dapat mengkonstruksikan sebuah artikel  dengan memperhatikan fakta dan unsur-unsur kebahasaannya
    • Pokok bahasan
1)      Unsur kebahasaan artikel dan buku ilmiah
2)      Fakta dan opini dalam artikel dan buku ilmiah

    • Metode pengajaran
Metode pembelajaran : Discovery Learning dan Problem Based Learning

o   Evaluasi pengajaran
      • Evaluasi pengajaran berupa tes performance yakni tugas proyek yang harus diselesaikan siswa.
      • Contoh proyek
Teknik Penilaian Pengetahuan  : Proyek
Bentuk : mengonstruksi sebuah artikel opini
1.      Pemilihan anggota kelompok secara heterogen terdiri dari 3-4 siswa
2.      Tentukan topik atau fakta yang dapat dikonstruksi menjadi sebuah artikel opini
3.      Pengonstruksian artikel opini sesuai dengan unsur kebahasaan
4.      Hasil kerja akan di presentasikan di depan kelas

      • Pedoman penskoran
Materi penilaian
Aspek penilaian
Skor
Kesesuaian unsur kebahasaan yang digunakan
10
Adverbia
Hasil analisis poin adverbia secara lengkap dan tepat
5
Hasil analisis poin adverbia kurang tepat
3
Hasil analisis poin adverbia tidak tepat
0
Konjungsi
Hasil analisis poin Konjungsi secara lengkap dan tepat
5
Hasil analisis poin Konjungsi kurang tepat
3
Hasil analisis poin Konjungsi tidak tepat
0
Kosakata 
Hasil analisis poin Kosakata  secara lengkap dan tepat
5
Hasil analisis poin Kosakata  kurang tepat
3
Hasil analisis poin Kosakata  tidak tepat
0
Kekreatifan
Kekreatifan dalam mengolah fakta menjadi artikel opini
10
Pemahaman
Pemahaman peserta didik terhadap materi dan hasi kerjanya saat presentasi di depan kelas
10

Tambahan :  jawaban siswa dapat berkembang sesuai sumber belajar yang digunakan dan pemahaman siswa terhadap materi, sehingga guru harus bisa dengan cermat menilai hasil kerja siswa.
Nilai : total skor yang diperoleh : skor maksimal x 100
    • Alokasi waktu
14 JP, 2 pertemuan (7 x 45 menit)

  • Perencanaan materi dan bahan pengajaran
1)      Artikel dan buku ilmiah
2)      Unsur kebahasaan (Adverbia, Konjungsi, dan Kosakata)
3)      Fakta dan opini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS WACANA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA

ANALISIS WACANA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA Dosen Pengampu: M. Bayu Firmansyah, M.Pd Disusun oleh: Puji Ayu Sukmaningtyas (16188201043) STKIP PGRI PASURUAN Jl. Ki Hajar Dewantara No.27-29 Pasuruan Tahun Akademik 2017/2018 Kata pengantar             Puji dan syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga penulis dapat menyeles aikan makalah yang berjudul ” ANALISIS WACANA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA “ Dalam pembuatan makalah ini mulai dari perancangan, pencarian bahan, sampai penulisan, penulis mendapat bantuan, saran, petunjuk, dan bimbingan dari banyak pihak baik secara langsung   maupun tidak langsung. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terimakasih   dan kepada teman-teman yang ikut berpartisipasi dalam menyelesaikan makalah ini. Penulis menyadari bahwa makalah ini memiliki banyak kekurangan dan jauh dari ...

Pendekatan Linguistik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

“ PENDEKATAN LINGUISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA ” Dosen pembimbing : M. Bayu Firmansyah, M.Pd Disusun Oleh : Nama : Puji Ayu Sukmaningtyas NIM : 16188201043 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI PASURUAN Jl. Ki Hajar Dewantara No. 27-29 Pasuruan 2016-2017 A. Pendekatan Linguistik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia    Pembelajaran bahasa Indonesia diberikan di sekolah dengan tujuan agar peserta didik dapat berbahasa Indonesia, baik secara lisan maupun tulisan. Kemampuan berbahasa ini penting bagi peserta didik untuk mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran di sekolah, karena bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa pengantar untuk seluruh kegiatan belajar mengajar di sekolah hingga perguruan tinggi. Peserta didik yang tidak menguasai bahasa Indonesia akan mengalami kesulitan dalam mengikuti proses belajar mengajar di kelas. Oleh karena itulah ilmu linguitik dipe...

Berbahasa Secara Komunikatif dan Santun

BERBAHASA SECARA KOMUNIKATIF DAN SANTUN Dosen Pengampu: M. Bayu Firmansyah, M.Pd Disusun oleh: Puji Ayu Sukmaningtyas (16188201043) STKIP PGRI PASURUAN Jl. Ki Hajar Dewantara No.27-29 Pasuruan Tahun Akademik 2017/2018 Kata pengantar             Puji dan syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga penulis dapat menyeles aikan makalah yang berjudul ” BERBAHASA SECARA KOMUNIKATIF DAN SANTUN “ Dalam pembuatan makalah ini mulai dari perancangan, pencarian bahan, sampai penulisan, penulis mendapat bantuan, saran, petunjuk, dan bimbingan dari banyak pihak baik secara langsung   maupun tidak langsung. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terimakasih   dan kepada teman-teman yang ikut berpartisipasi dalam menyelesaikan makalah ini. Penulis menyadari bahwa makalah ini memiliki banyak kekurangan dan jauh dari kesem...