PEMILIHAN, SELEKS BAHAN, DAN MATERI PEMBELAJARAN
Dosen Pengampu:
M. Bayu Firmansyah S.S, M.Pd.
Disusun oleh:
Kurnia Ita L (16188201035)
Puji Ayu S (16188201043)
Ina Izatur R (16188201052)
Puji Ayu S (16188201043)
Ina Izatur R (16188201052)
STKIP PGRI PASURUAN
Jl. Ki Hajar Dewantara No.27-29 Pasuruan
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Tahun Akademik 2018/2019
PEMILIHAN, SELEKSI BAHAN, DAN MATERI PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMA
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas
/ Semester : XII / 2
Kopetensi
Dasar : Menganalisis Kebahasaan
Artikel dan/atau Buku Ilmiah
- Tujuan
- Kognitif
Tujuan kognitif adalah untuk menganalisis kebahasaan artikel
dan/atau buku ilmiah
- Afektif
Tujuan afektif termasuk
dalam pemberian respon terhadap materi menganalisis kebahasaan artikel serta
buku ilmiah, yakni meliputi, penelimaan, pemberian respon, penilaian,
pembentukan konsep mengenai cara menganalisis kebahasaan artikel serta buku
ilmiah.
- Psikomotor
Tujuan psikomotor dalam
pembelajaran menganalisis kebahasan artikel dan buku ilmiah meliputi respon
terbimbing terhadap materi yakni pemahaman terhadap unsur kebahasaan artikel
serta buku ilmiah, pemahaman terhadap cara menganalisis artikel serta buku
ilmiah, dan nantinya dapat mengonstruksi artikel dan/atau buku ilmiah.
- Perencanaan Alat dan media pengajaran
- Alat pengajaran
Ø Spidol, papan tulis
Ø Laptop dan infocus
- Media pengajaran
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø Lembar penilaian
Ø Microsoft
power point
Ø Teks
artikel dan cuplikan buku ilmiah
- Perencanaan evaluasi pengajaran
Evaluasi pengajaran berupa
tes performance yakni tugas proyek yang harus diselesaikan siswa
- Penyusunan satuan pelajaran
- Tujuan pelajaran
Setelah
melakukan proses pembelajaran siswa diharapkan dapat :
1)
Siswa dapat
memahami unsur kebahsan dalam artikel dan buku ilmiah
2)
Siswa dapat
menganalisis unsur kebahsan dalam artikel dan buku ilmiah
3)
Siswa dapat
mengkonstruksikan sebuah artikel dengan
memperhatikan fakta dan unsur-unsur kebahasaannya
- Pokok bahasan
1)
Unsur
kebahasaan artikel dan buku ilmiah
2) Fakta dan opini dalam artikel dan buku ilmiah
- Metode pengajaran
Metode pembelajaran : Discovery Learning
dan Problem Based Learning
o
Evaluasi
pengajaran
- Evaluasi pengajaran berupa tes performance yakni tugas proyek yang harus diselesaikan siswa.
- Contoh proyek
Teknik Penilaian Pengetahuan : Proyek
Bentuk : mengonstruksi sebuah artikel opini
1.
Pemilihan
anggota kelompok secara heterogen terdiri dari 3-4 siswa
2.
Tentukan topik
atau fakta yang dapat dikonstruksi menjadi sebuah artikel opini
3.
Pengonstruksian
artikel opini sesuai dengan unsur kebahasaan
4.
Hasil kerja akan
di presentasikan di depan kelas
- Pedoman penskoran
Materi penilaian
|
Aspek penilaian
|
Skor
|
Kesesuaian
unsur kebahasaan yang digunakan
|
10
|
|
Adverbia
|
Hasil
analisis poin adverbia secara lengkap dan tepat
|
5
|
Hasil
analisis poin adverbia kurang tepat
|
3
|
|
Hasil
analisis poin adverbia tidak tepat
|
0
|
|
Konjungsi
|
Hasil
analisis poin Konjungsi secara lengkap dan tepat
|
5
|
Hasil
analisis poin Konjungsi kurang tepat
|
3
|
|
Hasil
analisis poin Konjungsi tidak tepat
|
0
|
|
Kosakata
|
Hasil
analisis poin Kosakata secara lengkap
dan tepat
|
5
|
Hasil
analisis poin Kosakata kurang tepat
|
3
|
|
Hasil
analisis poin Kosakata tidak tepat
|
0
|
|
Kekreatifan
|
Kekreatifan
dalam mengolah fakta menjadi artikel opini
|
10
|
Pemahaman
|
Pemahaman
peserta didik terhadap materi dan hasi kerjanya saat presentasi di depan
kelas
|
10
|
Tambahan : jawaban siswa
dapat berkembang sesuai sumber belajar yang digunakan dan pemahaman siswa
terhadap materi, sehingga guru harus bisa dengan cermat menilai hasil kerja
siswa.
Nilai : total skor yang diperoleh : skor maksimal x 100
- Alokasi waktu
14 JP, 2 pertemuan (7 x
45 menit)
- Perencanaan materi dan bahan pengajaran
1) Artikel
dan buku ilmiah
2) Unsur
kebahasaan (Adverbia, Konjungsi, dan Kosakata)
3) Fakta
dan opini
Komentar
Posting Komentar