Langsung ke konten utama

Pengertian dan Klasifikasi Strategi Belajar Mengajar Bahasa


PENGERTIAN DAN KLASIFIKASI STRATEGI BELAJAR MENGAJAR BAHASA

Dosen Pengampu:
M. Bayu Firmansyah S.S, M.Pd.
  
Disusun oleh:
Puji Ayu S              (16188201043)

STKIP PGRI PASURUAN
Jl. Ki Hajar Dewantara No.27-29 Pasuruan
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Tahun Akademik 2018/2019


PENGERTIAN DAN KLASIFIKASI STRATEGI BELAJAR MENGAJAR BAHASA

Strategi adalah ilmu dan seni menggunakan semua sumber daya bangsa-bangsa untuk melaksanakan kebijaksanaan tertentu dalam perang dan damai. Dalam hal ini dapat dikaitkan langsung dengan pengertian strategi dalam pengajaran bahasa ialah bahwa strategi merupakan rencana yang cermat dalam mencapai sebuah tujuan atau sasaran khusus. strategi dalam hal ini digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Belajar dapat diartikan sebagai sebuah usaha untuk memperoleh kepandaian atau ilmu. Proses belajar dibagi atas tiga tahapan, yaitu tahapan informasi, transformasi, dan evaluasi. Informasi yang diperoleh dalam pembelajaran adalah proses penjelasan penguraian, atau pengarahan mengenai prinsip-prinsip struktur pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Dari informasi yang telah diperoleh ditransformasikan atau diubah menjadi sebuah prinsip-prinsip struktural. Pengubahan informasi dilakukan dengan analisis dan mengubahnya menjadi bentuk yang lebih abstran dan konstektul agar dapat digunalan dalam tataran yang lebih luas.
Sebagai contoh, strategi pembelajaran bahasa Indonesia yaitu pola keterampilan pembelajaran yang dipilih dosen atau pengajar untuk melaksanakan program pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia. Penciptaan suasana pembelajaran yang baik memungkinkan peserta didik melakukan aktivitas mental dan intelektual secara otomatis untuk mencapau ujuan keterampulan berbahasa Indoensia yang terdiri atas keterampilan menyimak keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis.
Salah satu tugas pengajar dalam kegiatan pembelajaran adalah memilih dan menentukan strategi pembelajaran yang aka digunakan. Hal ini berimplikasi bahwa seorang pengajar harus memahami dan menguasai berbagai jenis strategi pembelajaran. berdasarkan komponen-komponen yang terdapat dalam proses pembelajaran (komponen tujuan pengajaran, pengajar, peserta didik, media pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan faktor administrasi), strategi pembelajaran dapat diklasifikasikan berdasarkan komponen yang mendapat tekanan dalam program pembelajaran. Berdasarkan hal itu dapat dibedakan strategi pembelajaran yang berpusat pada pengajar, berpusat pada peserta didik, dan berpusat pada materi pengajaran.disamping itu, kegiatan juga berdasar pada pengelolaan pesan atau materi. Berdasarkan kegiatan tersebut, strategi pembelajaran dibedakan atas strategi pembelajaran ekspositori dan heuristik atau kurioristik. Berdasarkan cara pengolahan atau cara memproses pesan atau materi, dapat dibagi menjadi strategi pembelajaran deduksi dan stategi pembelajaran induksi. Berdasarkan cara memproses penemuan strategi pembelajaran dibagi atas strategi pembelajaran ekspositori dan penemuan (discovery).
Dalam memilih dan menentukan stategi pembelajaran yang akan digunakan dalam menjalankan tugas itu sangat dipengaruhi oleh pendekatan pengajar terhadap pendidikan. Sebuah strategi pembelajaran yang dipilih dengan pendekatan tertentu memerlukan seprangkat metode atau teknik penyajian tertentu untuk melaksanakannya. Selanjutnya, untuk melaksanakan teknik penyajian itu diperluka pula seprangkat keterampilan yang relevan. Setiap stategi pembelajaran dan teknik penyajiannya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga strategi pembelajaran yang paling tepat untuk setiap mata pelajaran dan peserta didik sukar untuk ditentukan. Begitu pula, akan sangat suka menggunakan salah satu teknik penyajian pelajaran secara murni.
Sebuah stategi pembelajaran dikatakan baik bila sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai, dapat dilaksanakan sesuai dengan kemampuan pengajar, sesuai dengan peserta didik, serasi dengan besarnya kelompok, sesuai dengan waktu pelaksanaannya, dan didukung oleh fasilitas atau media pendidikan yang tersedia.
 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS WACANA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA

ANALISIS WACANA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA Dosen Pengampu: M. Bayu Firmansyah, M.Pd Disusun oleh: Puji Ayu Sukmaningtyas (16188201043) STKIP PGRI PASURUAN Jl. Ki Hajar Dewantara No.27-29 Pasuruan Tahun Akademik 2017/2018 Kata pengantar             Puji dan syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga penulis dapat menyeles aikan makalah yang berjudul ” ANALISIS WACANA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA “ Dalam pembuatan makalah ini mulai dari perancangan, pencarian bahan, sampai penulisan, penulis mendapat bantuan, saran, petunjuk, dan bimbingan dari banyak pihak baik secara langsung   maupun tidak langsung. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terimakasih   dan kepada teman-teman yang ikut berpartisipasi dalam menyelesaikan makalah ini. Penulis menyadari bahwa makalah ini memiliki banyak kekurangan dan jauh dari ...

Pendekatan Linguistik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

“ PENDEKATAN LINGUISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA ” Dosen pembimbing : M. Bayu Firmansyah, M.Pd Disusun Oleh : Nama : Puji Ayu Sukmaningtyas NIM : 16188201043 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI PASURUAN Jl. Ki Hajar Dewantara No. 27-29 Pasuruan 2016-2017 A. Pendekatan Linguistik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia    Pembelajaran bahasa Indonesia diberikan di sekolah dengan tujuan agar peserta didik dapat berbahasa Indonesia, baik secara lisan maupun tulisan. Kemampuan berbahasa ini penting bagi peserta didik untuk mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran di sekolah, karena bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa pengantar untuk seluruh kegiatan belajar mengajar di sekolah hingga perguruan tinggi. Peserta didik yang tidak menguasai bahasa Indonesia akan mengalami kesulitan dalam mengikuti proses belajar mengajar di kelas. Oleh karena itulah ilmu linguitik dipe...

Berbahasa Secara Komunikatif dan Santun

BERBAHASA SECARA KOMUNIKATIF DAN SANTUN Dosen Pengampu: M. Bayu Firmansyah, M.Pd Disusun oleh: Puji Ayu Sukmaningtyas (16188201043) STKIP PGRI PASURUAN Jl. Ki Hajar Dewantara No.27-29 Pasuruan Tahun Akademik 2017/2018 Kata pengantar             Puji dan syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga penulis dapat menyeles aikan makalah yang berjudul ” BERBAHASA SECARA KOMUNIKATIF DAN SANTUN “ Dalam pembuatan makalah ini mulai dari perancangan, pencarian bahan, sampai penulisan, penulis mendapat bantuan, saran, petunjuk, dan bimbingan dari banyak pihak baik secara langsung   maupun tidak langsung. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terimakasih   dan kepada teman-teman yang ikut berpartisipasi dalam menyelesaikan makalah ini. Penulis menyadari bahwa makalah ini memiliki banyak kekurangan dan jauh dari kesem...