JENIS ASESMEN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA
Dosen Pengampu:
M. Bayu Firmansyah S.S, M.Pd.
Disusun oleh:
Puji Ayu S (16188201043)
STKIP PGRI
PASURUAN
Jl.
Ki Hajar Dewantara No.27-29 Pasuruan
Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia
Tahun
Akademik 2018/2019
JENIS ASESMEN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA
ASESMEN BERBENTUK TES
Evaluasi yang dapat dilakukan dalam asesmen
ada dua yakni tes dan nontes. Dalam asesmen tes dilakukan untuk mengadakan
evaluasi yang berbentuktugas ataupun serangkaian tugas yang dikerjakan oleh
peserta tes sehingga ,enghasilkan skor tentang prestasi atau tingkah laku
peserta tes.
Berdasarkan cara mengerjakan asesment tes
dibedakan menjadi tiga, yakni tes tertulis, tes lisan, dan tes perbuatan. Seperti
namanya tes dapat dilakukan dengan peserta mnejawab tes dalam bentuk tulisan
(tes tertulis) atau peserta menjawab
secara lisan (tes lisan) atau bahkan peseta menjawab tes dengan sebuah
perbuatan atau kinerja (tes perbuatan)
Jika berdasar cara menjawab tes, dapat
dibedapakan menjadi dua jenis tes yakni tes objektif dan tes nonobjektif. Tes objektif
merupakan tes bahasa dengan cara menjawab salah satu alternatif pilihan jawaban
(pilihan ganda, menjodohkan). Tes objektif hanya mampu menilai “kemampuan
berpikir rendah”, yakni kemampuan mengingat. Sedangkan tes non objektif adalah
tes dengan cara menjawabnya secara uraian atau dilakukan dengan menyebutkan
atau menjelaskan sebuah jawaban tersebut.
Berdasarkan taksonomi bloom terdapat tiga
ranah yakni tes kognititf (aktivitas otak, ranah berpikir), tes afektif (sikap
dan nilai), dan tes psikomotorik (aktivitas otak, fisik, serta anggota badan).
ASESMEN BERBENTUK NONTES
Asesmen berbentuk nontes sebagai
berikut:
- Asesmen unjuk kerja
Merupakan asesmen
yang dilakukan dengan mengamati kegiatan peserta didik dalam melakukan sesuatu.
- Asesmen portofolio
Merupakan penilaian
berkelanjutan yang didasarkan pada kumpulan informasi yang menunjukkan
perkembangan kemampuan peserta didik dalam satu periode tertentu.
- Asesmen proyek
Merupakan kegiatan
penilain terhadap suatu tugas yang harus diselesaikan dalam periode/waktu
tertentu.
- Asesmen produk
Merupakan penilaian
terhadap penguasaan siswa akan suatu keterampilan dalam membuat suatu hasil
kerja dan kualitas hasil kerja siswa.
- Asesmen diri
Adalah suatu
teknik penilaian di mana peserta didik diminta untuk menilai dirinya sendiri
berkaitan dengan status, proses, dan tingkat pencapaian kompetensi yang
dipelajarinya.
- Asesmen teman sejawat
Merupakan
teknik penilaian yang dilakukan dengan cara meminta peserta didik untuk
mengemukakan kelebihan dan kekurangan teman-temannya dalam berbagai hal.
- Asesmen sikap
Merupakan penilaian
sikap dapat dilakukan dengan teknik observasi perilaku, pertanyaan langsung,
dan laporan pribadi.
Komentar
Posting Komentar