Langsung ke konten utama

Jenis Asesmen Dalam Pembelajaran Bahasa


JENIS ASESMEN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA

Dosen Pengampu:
M. Bayu Firmansyah S.S, M.Pd.
                                                                         



Disusun oleh:
Puji Ayu S              (16188201043)

STKIP PGRI PASURUAN
Jl. Ki Hajar Dewantara No.27-29 Pasuruan
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Tahun Akademik 2018/2019




JENIS ASESMEN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA



ASESMEN BERBENTUK TES
Evaluasi yang dapat dilakukan dalam asesmen ada dua yakni tes dan nontes. Dalam asesmen tes dilakukan untuk mengadakan evaluasi yang berbentuktugas ataupun serangkaian tugas yang dikerjakan oleh peserta tes sehingga ,enghasilkan skor tentang prestasi atau tingkah laku peserta tes.
Berdasarkan cara mengerjakan asesment tes dibedakan menjadi tiga, yakni tes tertulis, tes lisan, dan tes perbuatan. Seperti namanya tes dapat dilakukan dengan peserta mnejawab tes dalam bentuk tulisan (tes tertulis) atau  peserta menjawab secara lisan (tes lisan) atau bahkan peseta menjawab tes dengan sebuah perbuatan atau kinerja (tes perbuatan)
Jika berdasar cara menjawab tes, dapat dibedapakan menjadi dua jenis tes yakni tes objektif dan tes nonobjektif. Tes objektif merupakan tes bahasa dengan cara menjawab salah satu alternatif pilihan jawaban (pilihan ganda, menjodohkan). Tes objektif hanya mampu menilai “kemampuan berpikir rendah”, yakni kemampuan mengingat. Sedangkan tes non objektif adalah tes dengan cara menjawabnya secara uraian atau dilakukan dengan menyebutkan atau menjelaskan sebuah jawaban tersebut.
Berdasarkan taksonomi bloom terdapat tiga ranah yakni tes kognititf (aktivitas otak, ranah berpikir), tes afektif (sikap dan nilai), dan tes psikomotorik (aktivitas otak, fisik, serta anggota badan).


ASESMEN BERBENTUK NONTES
Asesmen berbentuk nontes sebagai berikut:
  • Asesmen unjuk kerja
Merupakan asesmen yang dilakukan dengan mengamati kegiatan peserta didik dalam melakukan sesuatu.
  • Asesmen portofolio
Merupakan penilaian berkelanjutan yang didasarkan pada kumpulan informasi yang menunjukkan perkembangan kemampuan peserta didik dalam satu periode tertentu.
  • Asesmen proyek
Merupakan kegiatan penilain terhadap suatu tugas yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu.
  • Asesmen produk
Merupakan penilaian terhadap penguasaan siswa akan suatu keterampilan dalam membuat suatu hasil kerja dan kualitas hasil kerja siswa.
  • Asesmen diri
Adalah suatu teknik penilaian di mana peserta didik diminta untuk menilai dirinya sendiri berkaitan dengan status, proses, dan tingkat pencapaian kompetensi yang dipelajarinya.
  • Asesmen teman sejawat
Merupakan teknik penilaian yang dilakukan dengan cara meminta peserta didik untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan teman-temannya dalam berbagai hal.
  • Asesmen sikap
Merupakan penilaian sikap dapat dilakukan dengan teknik observasi perilaku, pertanyaan langsung, dan laporan pribadi.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS WACANA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA

ANALISIS WACANA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA Dosen Pengampu: M. Bayu Firmansyah, M.Pd Disusun oleh: Puji Ayu Sukmaningtyas (16188201043) STKIP PGRI PASURUAN Jl. Ki Hajar Dewantara No.27-29 Pasuruan Tahun Akademik 2017/2018 Kata pengantar             Puji dan syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga penulis dapat menyeles aikan makalah yang berjudul ” ANALISIS WACANA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA “ Dalam pembuatan makalah ini mulai dari perancangan, pencarian bahan, sampai penulisan, penulis mendapat bantuan, saran, petunjuk, dan bimbingan dari banyak pihak baik secara langsung   maupun tidak langsung. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terimakasih   dan kepada teman-teman yang ikut berpartisipasi dalam menyelesaikan makalah ini. Penulis menyadari bahwa makalah ini memiliki banyak kekurangan dan jauh dari ...

Pendekatan Linguistik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

“ PENDEKATAN LINGUISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA ” Dosen pembimbing : M. Bayu Firmansyah, M.Pd Disusun Oleh : Nama : Puji Ayu Sukmaningtyas NIM : 16188201043 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI PASURUAN Jl. Ki Hajar Dewantara No. 27-29 Pasuruan 2016-2017 A. Pendekatan Linguistik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia    Pembelajaran bahasa Indonesia diberikan di sekolah dengan tujuan agar peserta didik dapat berbahasa Indonesia, baik secara lisan maupun tulisan. Kemampuan berbahasa ini penting bagi peserta didik untuk mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran di sekolah, karena bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa pengantar untuk seluruh kegiatan belajar mengajar di sekolah hingga perguruan tinggi. Peserta didik yang tidak menguasai bahasa Indonesia akan mengalami kesulitan dalam mengikuti proses belajar mengajar di kelas. Oleh karena itulah ilmu linguitik dipe...

Berbahasa Secara Komunikatif dan Santun

BERBAHASA SECARA KOMUNIKATIF DAN SANTUN Dosen Pengampu: M. Bayu Firmansyah, M.Pd Disusun oleh: Puji Ayu Sukmaningtyas (16188201043) STKIP PGRI PASURUAN Jl. Ki Hajar Dewantara No.27-29 Pasuruan Tahun Akademik 2017/2018 Kata pengantar             Puji dan syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga penulis dapat menyeles aikan makalah yang berjudul ” BERBAHASA SECARA KOMUNIKATIF DAN SANTUN “ Dalam pembuatan makalah ini mulai dari perancangan, pencarian bahan, sampai penulisan, penulis mendapat bantuan, saran, petunjuk, dan bimbingan dari banyak pihak baik secara langsung   maupun tidak langsung. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terimakasih   dan kepada teman-teman yang ikut berpartisipasi dalam menyelesaikan makalah ini. Penulis menyadari bahwa makalah ini memiliki banyak kekurangan dan jauh dari kesem...