Langsung ke konten utama

ANALISIS KONTRASTIF (AK) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA



ANALISIS KONTRASTIF (AK) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA



Dosen Pengampu:
M. Bayu Firmansyah, M.Pd




Disusun oleh:
Puji Ayu Sukmaningtyas (16188201043)



STKIP PGRI PASURUAN
Jl. Ki Hajar Dewantara No.27-29 Pasuruan
Tahun Akademik 2017/2018






  1.     Memahami AK

Hambatan terbesar dalam proses menguasai bahasa kedua (B2) adalah tercampurnya sistem bahasa pertama (B1) dengan sistem B2. Analisis Kontrastif (AK) mencoba menjembatani kesulitan tersebut dengan mengontraskan kedua sistem bahasa yang ada untuk meramalkan kesulitan-kesulitan terjadi.

Manusia memperoleh bahasa melalui proses yang sangat kompleks. Oleh karena itu, beberapa ahli mencoba untuk menghubungkan berbagai faktor yang ikut terlibat dalam proses penguasaan bahasa. Faktor-faktor tersebut meliputi faktor bentuk bahasa (berupa bunyi, sistem bunyi dan struktur gramatik yang dipakai sebagai sarana agar fungsi komunikatif dapat berlangsung) dan faktor sistem bahasa (berupa unit-unit dan struktur kebahasaan) yang akan mempengaruhi faktor-faktor psikologi.

Analisis Kontranstif muncul pada waktu Fries (1945) mengajukan hipotesis bahwa materi pengajaran yang paling efektif dalam proses menguasai B2 adalah materi yang didasarkan pada deskripsi secara cermat mengenai bahasa target yang akan dipelajari dan kemudian dibandingkan dengan bahasa ibu.

Dalam perjalannya teori Analisis Kntranstifpun mengalami banyak pertentangan, diragukan, dan mendapat kritik oleh banyak pihak. Seperti yang dinyatakan Ronald Wardhaugh (1970). Namun dari banyaknya kritik terhadap AK masih ada jala untuk dapat menerapkannya AK dalam pembelajaran bahasa kedua.


      2.    Linguistik kontrastif

Linguistik Kontranstif adalah suatu cabang ilmu bahasa yang tugasnya membandingkan secara sinkronis dua bahasa sedemikian rupa sehingga kemiripan dan perbedaan kedua bahasa itu bisa dilihat.  Pengontrolan dua bahasa itu sebainya dilakukan terhadap fonologi, struktur gramatik, kosakata serta sistem tulisan (Lado, 1975).

 Dalam pengontrolan dua sistem tulisan juga termasuk penting, meski tulisan bukan termasuk bahasa. Pengontrolan dua sistem bahasa digolongka sebagai AK versi keras (Setrong Version) menuntut dilibatkannya berbagai teori linguistik dari para linguis, meskipun pandangan mereka berbeda-beda, dan menuntut agar kemestaan bahasa dirumuskan dalam teori yang lebih komprehensif . Dan AK versi lemah (Weak Version) yaitu AK cukup menggunakan pengetahuan kebahasaan yang paling baik yang ada padanya untuk mempertanggungjawabkan kesulitan belaja B2 yang diamati

 AK sendiri memiliki beberapa versi yaitu versi keras (VK), versi lemah (VL), dan versi moderat (VM). Kelompok ini mencoba merasionalkan AK berdasarkan tiga sumber yaitu:

1)      pengalaman dalam praktik mengajar para guru bahasa kedua;
2)      studi mengenai bahasa antara;
3)      dan teori belajar bahasa.
Meskipun AK bervariasi, usaha untuk mengontraskan dua sistem bahasa hendaknya dilakukan dengan langkah-langkah:

a)         Deskripsi kedua bahasa yang akan dikontraskan.
b)         Seleksi unsur-unsur kesamaan dan perbedaan kedua bahasa.
c)          Mengontraskan perbedaan kedua sistem bahasa.
d)         Meramalkan sebab-sebab kesulitan belajar berdasarkan hasil pengontrasan tersebut.

Sesungguhnya Analisis Kontranstif pada dasarnya bertujuan untuk:

a)         Memberikan wawasan tentang persamaan dan perbedaan antara bahasa pertama dengan bahasa kedua yang akan dipelajari.
Tujuan pertama ini dimaksudkan untuk menegakkan kesemestaan bahasa serta ciri-ciri khas dari masing-masing bahasa.
b)         Menjelaskan dan memperkirakan masalah-masalah (yang timbul) dalam belajar B2.
Tujuan yang kedua yaitu ingin mengukuhkan pendapat pembelajar B2 bahwa bahasa itu berbeda-beda.
c)          Mengembangkan bahan pelajaran bahasa kedua untuk pengajaran bahasa.
Tujuan yang ketiga yaitu pengembangan materi pembelajaran bahasa.



DAFTAR PUSTAKA
            Pranowo. 2015. Teori Belajar Bahasa: untuk Guru Bahasa dan Mahasiswa Jurusan Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS WACANA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA

ANALISIS WACANA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA Dosen Pengampu: M. Bayu Firmansyah, M.Pd Disusun oleh: Puji Ayu Sukmaningtyas (16188201043) STKIP PGRI PASURUAN Jl. Ki Hajar Dewantara No.27-29 Pasuruan Tahun Akademik 2017/2018 Kata pengantar             Puji dan syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga penulis dapat menyeles aikan makalah yang berjudul ” ANALISIS WACANA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA “ Dalam pembuatan makalah ini mulai dari perancangan, pencarian bahan, sampai penulisan, penulis mendapat bantuan, saran, petunjuk, dan bimbingan dari banyak pihak baik secara langsung   maupun tidak langsung. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terimakasih   dan kepada teman-teman yang ikut berpartisipasi dalam menyelesaikan makalah ini. Penulis menyadari bahwa makalah ini memiliki banyak kekurangan dan jauh dari ...

Pendekatan Linguistik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

“ PENDEKATAN LINGUISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA ” Dosen pembimbing : M. Bayu Firmansyah, M.Pd Disusun Oleh : Nama : Puji Ayu Sukmaningtyas NIM : 16188201043 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI PASURUAN Jl. Ki Hajar Dewantara No. 27-29 Pasuruan 2016-2017 A. Pendekatan Linguistik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia    Pembelajaran bahasa Indonesia diberikan di sekolah dengan tujuan agar peserta didik dapat berbahasa Indonesia, baik secara lisan maupun tulisan. Kemampuan berbahasa ini penting bagi peserta didik untuk mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran di sekolah, karena bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa pengantar untuk seluruh kegiatan belajar mengajar di sekolah hingga perguruan tinggi. Peserta didik yang tidak menguasai bahasa Indonesia akan mengalami kesulitan dalam mengikuti proses belajar mengajar di kelas. Oleh karena itulah ilmu linguitik dipe...

Berbahasa Secara Komunikatif dan Santun

BERBAHASA SECARA KOMUNIKATIF DAN SANTUN Dosen Pengampu: M. Bayu Firmansyah, M.Pd Disusun oleh: Puji Ayu Sukmaningtyas (16188201043) STKIP PGRI PASURUAN Jl. Ki Hajar Dewantara No.27-29 Pasuruan Tahun Akademik 2017/2018 Kata pengantar             Puji dan syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga penulis dapat menyeles aikan makalah yang berjudul ” BERBAHASA SECARA KOMUNIKATIF DAN SANTUN “ Dalam pembuatan makalah ini mulai dari perancangan, pencarian bahan, sampai penulisan, penulis mendapat bantuan, saran, petunjuk, dan bimbingan dari banyak pihak baik secara langsung   maupun tidak langsung. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terimakasih   dan kepada teman-teman yang ikut berpartisipasi dalam menyelesaikan makalah ini. Penulis menyadari bahwa makalah ini memiliki banyak kekurangan dan jauh dari kesem...